Tips Memulai Bisnis Franchise
Perkembangan minat masyarakat terhadap investasi dibidang bisnis, secara
tidak langsung mendorong pertumbuhan franchise yang ada di Indonesia juga
semakin meningkat. Beragam jenis penawaran investasi melalui kemitraan (franchise)
mendapatkan respon yang cukup baik dari para calon investor. Hal ini dibuktikan
dengan menjamurnya berbagai macam produk maupun jasa di pasaran yang saat ini
lebih banyak ditawarkan dengan sistem franchise.
Menjalankan bisnis franchise memang sangat menggiurkan. Selain keuntungan
yang dijanjikan cukup besar, peluang bisnis franchise dikembangkan
dengan manajemen yang benar-benar matang. Sehingga sebagai peluang bisnis,
franchise memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan bisnis non kemitraan.
Beberapa keunggulan pola kemitraan diantaranya masalah permodalan yang cukup
jelas, dukungan sistem dan manajemen yang sudah mantap, serta dukungan media pemasaran
yang juga tak kalah menarik. Tidaklah heran bila saat ini banyak calon investor
yang tertarik menjalankan bisnis franchise, karena pada dasarnya franchise
menjadi salah satu alternatif bagi para pemula untuk memulai bisnis dengan
mudah.
Meskipun demikian untuk bisa sukses menjalankan bisnis franchise tidaklah
semudah yang kita bayangkan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan para
pelaku usaha baik yang menawarkan sistem kemitraan (franchisor), calon
investor, maupun franchisee (yang membeli kemitraan) sebelum mereka menjalankan
usaha. Apa saja persiapan yang perlu diperhatikan? Berikut kami sampaikan tips memulai bisnis franchise, semoga
dapat menambah informasi dan menjadi tambahan pengetahuan Anda sebelum terjun
kedalam bisnis tersebut kedepannya.
Peluang
Bisnis Franchise Masih Terbuka Lebar
Tingginya minat masyarakat terhadap dunia wirausaha, mendorong pertumbuhan
bisnis di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Kondisi ini ditandai
dengan munculnya beragam peluang bisnis baru serta
meningkatnya minat pasar terhadap berbagai macam penawaran investasi bisnis,
terutama investasi dengan sistem franchise atau waralaba.
Peluang berinvestasi dengan sistem franchise memang sangat menggiurkan,
bahkan menurut hasil survey, omset bisnis franchise tahun ini diperkirakan
mencapai angka Rp 120 triliun rupiah. Hal inilah yang membuat banyak pihak saling
berlomba untuk menekuni bisnis franchise sebagai salah satu peluang usaha yang
menjanjikan untung besar. Sehingga beragam jenis usaha dari mulai bisnis
makanan dan minuman, bisnis retail, sampai beragam bisnis jasa, telah banyak
yang dikembangkan dengan sistem kemitraan franchise (waralaba).
Apa saja yang perlu dipersiapkan para franchisor (penyelenggara sistem
franchise) dan franchisee (mitra yang bergabung dalam sistem franchise) sebelum
menjalankan bisnis franchise? Apa saja keuntungan dan kendala menjalankan
bisnis franchise? Serta bagaimana strategi pemasarannya? Berikut ini kami
informasikan kepada para pembaca, lengkap dengan salah satu contoh penawaran bisnis franchise makanan yang bisa
Anda jadikan sebagai ide bisnis.
Konsumen
Sekarang ini konsumen sudah semakin cerdas dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin tajam, sehingga mereka lebih tertarik memulai usaha dengan membeli kemitraan atau franchise yang sudah memiliki merek cukup kuat untuk memenangkan pesaiangan pasar. Keadaan inilah yang membuat investasi dengan sistem franchise menjadi pilihan tepat bagi para pemula yang sedang bingung mencari peluang bisnis.
Sekarang ini konsumen sudah semakin cerdas dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin tajam, sehingga mereka lebih tertarik memulai usaha dengan membeli kemitraan atau franchise yang sudah memiliki merek cukup kuat untuk memenangkan pesaiangan pasar. Keadaan inilah yang membuat investasi dengan sistem franchise menjadi pilihan tepat bagi para pemula yang sedang bingung mencari peluang bisnis.
Membangun
sebuah bisnis diperlukan kerja keras dari pelakunya, hal ini juga berlaku dalam
membangun bisnis franchise. Bukanlah hal mudah bagi franchisor dalam memperoleh
kepercayaan dari calon franchisee untuk membeli franchise-nya. Diperlukan
persiapan matang dan lengkap sebelum franchisor dapat memasarkan bisnisnya
kepada calon franchisee. Apa sajakah hal yang harus dilakukan oleh franchisor untuk
dapat memenuhi syarat sebagai franchisor yang tangguh?
- Pertama, buatlah sebuah konsep bisnis yang dapat menarik minat dari calon franchisee, konsep bisnis inilah senjata utama dalam membangun sebuah bisnis franchise. Konsep bisnis ini dibuktikan ketangguhannya dengan diaplikasikan pada bisnis di lapangan. Tidak mudah membuktikan ketangguhan konsep bisnis ini kepada calon franchisee karea diperlukan waktu sampai mereka melihat kesuksesan bisnis yang diperoleh melalui konsep bisnis ini. Konsep bisnis ini meliputi program promosi yang akan dilakukan dalam memasarkan produk.
- Kedua, bentuklah sebuah tim yang dapat membantu kita dalam membangun bisnis ini, baik dalam segi strategi bisnis, hukum serta etika franchise. Tim inilah juga yang nantinya membentuk format mengenai dukungan yang dapat diberikan kepada franchisee dalam menegatasi masalah yang mucul di lapangan. Hal ini jugalah yang dapat kita jual kepada calon franchisee sebagai daya tarik franchise kita.
- Ketiga, seperti yang dikatakan oleh ilmu pemasaran, carilah keunikan dari barang atau jasa yang akan dijual, karena hal inilah yang dapat menentukan laku atau tidaknya barang atau jasa yang kita jual kepada konsumen, dan juga memudahkan kita untuk melakukan penetrasi pasar dalam persaingan dengan perusahaan lain yang sejenis.
- Keempat, susunlah secara paket-paket franchise yang dapat dipilih oleh calon franchisee, hal ini untuk memberikan kesempatan kepada calon franchisee untuk membeli franchise kita sesuai dengan kemampuannnya. Paket-paket ini dapat dibedakan dari harga, dukungan franchisor dan fasilitas yang diperoleh.
- Kelima, berkonsultasilah dengan pihak yang sudah berpengalaman di bidang franchise atau konsultan untuk memastikan legalitas usaha kita.
- Keenam, setelah semua matang, mulailah lakukan pemasaran dan promosi baik produk maupun sistem kepada konsumen dan calon franchisee.
Tujuan utama dalam menjalankan
bisnis adalah untuk mendapatkan laba. Hal inilah yang harus dipegang oleh para
calon franchisee sebelum memilih franchise. Janji franchisor yang mengatakan
bahwa bisnisnya dapat membukukan BEP dalam waktu singkat jangan langsung
dipercaya begitu saja, karena diperlukan survey mendalam untuk dapat
memutuskan franchise mana yang memiliki prospek yang bagus. Sampai saat ini
franchise telah banyak memberikan keuntungan kepada franchisee-nya sehingga
kecurigaan yeng berlebihan kepada franchisor pun tidak dibenarkan, yang penting
adalah franchisee wajib melakukan penelitian mengenai franchise yang
diinginkannya secara mendalam sebelum memutuskan untuk membeli franchise
tersebut.
Lalu apa saja yang harus
dilakukan oleh calon franchisee untuk dapat mengetahui propek franchise yang
akan dibelinya?
- Pertama, lihatlah bisnis yang sudah berjalan, apakah sukses atau tidak. Sukses atau tidaknya suatu bisnis secara detail dapat dilihat dari laporan keuangan perusahaan tersebut, atau secara kasat mata dapat dilihat dari jumlah pelanggan dan jumlah franchise yang sudah lebih dulu berjalan.
- Kedua, lihatlah apa yang menjadi daya tarik dari bisnis tersebut. Apakah kelebihan bisnis tersebut yang dapat menarik pengunjung labih banyak dibandingkan dengan bisnis sejenis. Hal ini penting karena dalam memasarkan sebuah barang atau jasa, differensiasi atau keunikan menjadi hal utama dalam menarik minat pengunjung.
- Ketiga, telitilah apakah perusahaan tersebut sudah memiliki sebuah sistem dan prosedur standar dalam menjalankan bisnisnya. Sistem ini harus sudah teruji mampu mengatasi masalah yang mungkin terjadi dilapangan. Selain itu program promosi yang dilakukan oleh franchisor harus diketahui oleh franchisee, karena promosi ini sangat berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis.
- Keempat, cari tahu sudah berapa banyak franchisee yang menjalankan franchise tersebut, dan jika memungkinkan carilah informasi dari para franchisee itu mengenai bisnis yang sudah berjalan, dukungan dari franchisor dalam mengatasi masalah dan prospek kedepan mengenai bisnis tersebut.
- Kelima, cari tahu mengenai franchise lain yang bergerak di bidang usaha yang sama, apa saja kelebihan dan kekurangan franchise tersebut dibandingkan franchise yang sedang kita bidik, untuk mendapatkan pandangan yang lebih objektif dalam menentukan pilihan. Siapa tahu ada franchise lain yang memiliki prospek lebih baik.
· amat diminati di Indonesia.
Lihat saja berbagai usaha franchise berkembang di mana-mana. Dari tengah kota
sampai ke pinggiran kota, bisnis franchise menjalar tak terbendung. Namun
demikian, bisnis ini tak
hanya bisa dilakukan secara offline. Lewat online pun bisnis waralaba sangat
nyaman dilakukan.
Konsep bisnis franchise
Anda
bertanya apa itu bisnis franchise? Sederhana saja jawabannya. Bisnis franchise
adalah bisnis dengan memberikan hak kepada pihak tertentu untuk memasarkan
produk atau layanannya.
Ada dua pihak yang terlibat dalam bisnis franchise, yatu franchisee
sebagai pembeli hak franchise dan franchisor sebagai penyedia bisnis
franchise. Franchisee membeli hak waralaba dari franchisor agar bisa
menjalankan bisnis tersebut.
Jenis Usaha Franchise
Mungkin anda
lebih mengenal usaha franchise di bidang makanan. Namun sebetulnya usaha
franchise tak terbatas di bidang itu saja. Anda bisa temukan usaha franchise di
bidang kecantikan, kesehatan, pendidikan, laundry, olahraga, retail, otomotif
dan lainnya.
Peluang Usaha Franchise di
Indonesia
·Di Indonesia bisnis franchise
terbukti banyak diminati. Coba lihat saja di sekitar anda, hitung berapa banyak
bisnis franchise yang beroperasi. Mengapa bisnis franchise marak?
·Alasannya sederhana. Siapa
saja bisa dengan mudah menjalankan peluang bisnis ini cukup
dengan membeli hak franchise. Selain itu, dengan bisnis yang sudah terbukti
berhasil akan relatif cepat untuk sukses. Hemat waktu juga. Pembeli hak
franchise tak perlu pusing untuk melakukan trial and error yang pasti boros
waktu dan biaya.
·Beberapa hari lalu saya juga
menyaksikan berita rombongan pengusaha muda Indonesia yang berkunjung ke negeri
Paman Sam guna mencari peluang usaha waralaba untuk dipasarkan di Indonesia.
So, ini setidaknya membuktikan betapa pasar franchise di Indonesia masih
terbuka sangat lebar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar